Cara Mengecek Besar Arus Pengisian pada sepeda motor


Cara Mengecek Besar Arus Pengisian


pemeriksaan-baterai-aki-accu-tegangan-maksimal-aki , cara-membaca-multitester-membaca-arus-tegangan-pengisian-standart-arus-tegangan-pengisian
Cara Mengecek Besar Arus Pengisian. This amazing picture collections about Cara Mengecek Besar Arus Pengisian is available to download. We collected this awesome photo from internet and selected the best one for you. Cara Mengecek Besar Arus Pengisian photos and pictures collection which posted here was perfectly curated and are the best
among others.
Then, finally we have made it and these are amazing image for your inspiration and informational purpose regarding the Cara Mengecek Besar Arus Pengisian as part of Oto Engine special collection. Just surf and look-out and find the best Cara Mengecek Besar Arus Pengisian pictures posted here which suitable with your needs.
Baterai merupakan komponen yang bekerja dengan cara menyimpan arus dan disalurkan pada rangkaian kelistrikan motor. Karena aki dibutuhkan secara terus menerus maka tegangan listrik yang ada di aki akan berkurang dan habis dan dibutuhkan sistem pengisian untuk mengisi kekosongan arus yang di pakai dan memaksimalkan kerja aki tersebut. Batas pemakaian aki pada sepeda motor maupun mobil tergantung pada pemakaian dan perawatannya. Di samping itu, baterai dapat di pengaruhi oleh kerja dari sistem pengisian.
Saat mesin motor di hidupkan maka generator atau yang lebih dikenal dengan spul akan ikut berputar dan menghasilkan arus dan tegangan listrik. Besar tegangan pengisian harus lebih besar dari tegangan aki. Besarnya tegangan listrik dari generator motor dipengarui oleh putaran mesin, sedangkan untuk menstabilkan tegangan digunakanlah regulator atau yang biasa disebut kiprok.
cara-membaca-multitester-membaca-arus-tegangan-pengisian-standart-arus-tegangan-pengisianPembacaan tegangan Baterai
Jika kiprok rusak akan mengakibatkan  tegangan pengisian sehingga menyebabkan aki cepat tekor atau bahkan rusak. Karena bila tegangan pengisian terlalu rendah maka mengakibatkan listrik di aki akan habis atau tekor. Sebaliknya jika tegangan pengisian terlalu besar maka aki akan cepat rusak karena kelebihan tegangan.
Untuk melakukan pemeriksaan tegangan pengisian yang sesuai dapat menggunakan multimeter. Sebelum di gunakan putarlah selector pada DCV 50 kemudian cek tegangan di aki atau baterai, dengan menempelkan kabel hitam ke negative baterai dan kabel merah pada positif baterai. Saat mesin mati tegangan baterai yang di tunjukkan pada multimeter adalah 12,3- 12, 6 volt, sedangkan saat mesin hidup maksimal tegangan di aki adalah 14,2 v.
pemeriksaan-baterai-aki-accu-tegangan-maksimal-akiJika angka yang di baca oleh multitester melebihi dari standart di atas, maka lakukanlan pemeriksaan pada sistem pengisian. Tegangan pengisian yang berlebihan dapat memperpendek usia aki karena tegangan yang masuk lebih besar dan komponen di dalam baterai cepat rusak. Sebelum anda melakukan pengantian baterai, sebaiknya selidiki dulu penyebab baterai anda yang tekor. Jika baterai anda sudah di pakai lama dan tekor karena kerusakan pada komponen baterai seperti terminal yang berkarat, sel rusak dan air aki habis, berarti baterai anda yang rusak. Namun, jika anda memakai baterai baru dan dalam waktu yang singkat baterai anda tekor, bisa jadi sistem pengisian anda yang bermasalah.
Anda dapat mengeceknya dengan memindahkan ke motor orang lain (tukeran aki), lihatlah efek yang terjadi. Jika aki anda normal di motor orang lain berarti aki anda masih bagus dan yang rusak system pengisian. Namun jika aki yang anda pinjam bisa menyimpan arus berarti aki anda yang tekor. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment