Cara Mengatasi Motor Matic Mogok


Motor anda tiba – tiba macet dan tidak bisa jalan, bila ini terjadi terdapat beberapa kemungkinan. Salah satunya ketika di starter mesin tidak bergeming, seperti tidak kuat memutarkan mesin dan sesaat sebelum motor mati terdengar suara “tak” maka bisa jadi komponen yang rusak adalah V-belt.


penyebab-metic-mogok-v-belt-putus-rusak
V-belt rusak

memelihara-pulley-matic-keausan-pulleyMemeriksa Pulley
Penyebab-v-belt-Skutik-matic-Putus-rontok
Motor metic mengandalkan v-belt untuk meneruskan putaran mesin ke roda jadi secara otomatis motor tidak akan hidup dan jalan jika v-belt putus atau rompal. V-belt dapat putus atau rompal bisa di sebabkan karena usia v-belt atau komponen yang bersinggungan dengan v-belt yang tidak standart atau terdapat keausan pada komponen tersebut. Untuk motor yang masih standart dan anda membelinya menjadi tangan pertama. Bisa anda pastikan kerusakan v-belt disebabkan karena usia pemakaian, karena v-belt dijamin tahan sampai 5 tahun tergantung pemakaian dan medan jalan yang anda lalui.
V-belt rontok
Sedangkan untuk kendaraan yang sudah pernah pecah pulley depan dan harus mengantinya dengan pulley yang tidak standart atau memang sengaja diganti karena alasan bore up. Karena sudut pulley yang diubah dari standar bisa menyebabkan V belt tidak menempel secara sempurna.
penyebab-kerusakan-V-belt-putus-ausV-belt hancur
Akibatnya V belt dipaksa untuk mengikuti sudut pulley yang tidak sesuai standar sehingga lapisan V belt terdorong keluar, hal ini akan menyebabkan V belt cepat rusak. V belt sendiri terdiri dari beberapa lapisan, terdapat beberapa lapisan penguat pada v-belt yang dapat anda lihat secara langsung. Karena lapisan ini berputar terus menerus dan dicepit oleh pulley maka secara otomatis lapisan v-belt akan terlepas.
Jika anda masih ingin menggunakan pulley after market (tidak standart), anda dapat mengunakan V belt yang berkualitas tinggi. Atau anda dapat mengunakan pulley yang tidak mengubah kemiringanya. Anda dapat memilih pulley yang hanya mengubah jalur rollernya saja. Namun tetap saja ada kelemahannya, karena rollernya yang akan kalah. Hal yang paling aman adalah mengunakan komponen standart dan akan lebih awet.

No comments:

Post a Comment