Bahan bakar dan udara tercampur bersama dalam karburator,campuran tersebut dilihat dari jumlah udara yang tercampur dengan bahan bakar, sebagai contoh : perbandingan 12:1 berarti 12 bagian berupa udara pada satu bagian bahan bakar. Bagian tersebut selalu diukur dalam berat. sehingga untuk setiap 1 kg bahan bakar diperlukan 12 kg udara untuk menghasilkan perbandingan 12:1
Campuran bahan bakar untuk berbagai kondisi.
Vakum / Tekanan Negativ
- Start dingin. 8 : 1
- Ekonomi pada kecepatan menegah 14 – 15 – 1.
- Tenaga maksimum 12,5 – 13,5 : 1.
- Kecepatan idle 12, – 14 : 1 (kurang lebih).
Sebuah campuran yang lebih gemuk / kaya
dari 15 ; 1, seperti 12 : 1 harus berarti bahwa beberapa bahan bakar
tidak terbakar dengan keseluruhan dan terbuang lewat saluran buang.
Pabrik harus menerapkan pengurus campuran yang akan mengurangi polusi
gas buang.
Aliran udara
Tekanan Atmosfir.
Semua molekul udara menekan ke bawah
sebagai efek grafitasi. Pada tingkat permukaan air laut tekanan udara
berkisar 101,3 kPa. Tekanan ini kenyataannya bervariasi pada kondisi –
kondisi (musim) yang berbeda, jika permukaan meningkat tekanan atmosfer
minimum.
Biasanya pengukur dikalibrasi dengan
angka 0 (nol) untuk membaca tekanan atmosfer, tetapi beberapa alat ukur
menunjukkan 101,3 kpa pada tekanan atmosfer. Hal tersebut mengacu pada
alat ukur tekanan absolut.
Ketika tekanan udara turun dibawah
tekanan atmosfer disebut vakum atau daerah tekanan rendah (negativ).
Sebuah kevakuman yang sebenarnya adalah dimana tidak ada udara (atau
takanan). Hal ini terukur sebagai : – 101,3 kpa atau 0 kpa (absolut)
Tekanan atmosfer akan selalu mencoba untuk mengisi sebuah kevakuman atau
daerah tekanan rendah.
Cara kerja karburator secara sederhana
No comments:
Post a Comment