Cara Pemeriksaan Kumparan Primer Dan Kumparan Skunder Koil

Cara Pemeriksaan Kumparan Primer Dan Kumparan Skunder Koil

Cara Pemeriksaan Kumparan Primer Dan Kumparan Skunder Koil
pemeriksaan-koil-motor , pemeriksaan-koil-mobil , Cara-Cek-tahanan-primer-skunder-Koil-Pengapian

Cara Pemeriksaan Kumparan Primer Dan Kumparan Skunder Koil. This awesome photo collections about Cara Pemeriksaan Kumparan Primer Dan Kumparan Skunder Koil is available to save to your computer. We collected this wonderful image from internet and picked-up the best one for you. Cara Pemeriksaan Kumparan Primer Dan Kumparan Skunder Koil photos and pictures collection that posted here was perfectly chosen and are the best among others.
So, afterall we have made it and these are wonderful image for your inspiration and informational purpose regarding the Cara Pemeriksaan Kumparan Primer Dan Kumparan Skunder Koil as part of Oto Engine exclusive gallery. Just surf and look-out and get the best Cara Pemeriksaan Kumparan Primer Dan Kumparan Skunder Koil photos posted here which suitable with your passion.
Koil merupakan komponen sistem pengapian yang berfungsi menginduksikan tegangan yang semula 12 volt menjadi 15.000 – 20.000 volt. Tegangan sebesar itu digunakan untuk menghasilkan percikan bunga api yang besar pada busi. Jika tegangan koil menurun secara otomatis percikan bunga api akan mengecil dan pembakaran tidak akan sempurna. Koil pengapian yang rusak dapat terasa saat mesin yang tiba –tiba mati karena tidak ada pengapian ataupun kendaraan terasa tersendat-sendat.
Untuk mengecek kondisi koil baik itu motor atau mobil, cara yang dilakukan dalam pemeriksaan adalah sama. Sebelum memeriksa koil, pertama periksa dulu apakah busi memercikan bunga api atau tidak, dan pastikan juga komponen-komponen lain pada sistem pengapian seperti CDI bekerja dengan baik. Jika busi tidak memercikan bunga api dan komponen sistem pengapian lainya tidak bermasalah, maka kerusakan bisa terjadi pada Koil pengapian. Untuk itu lakukan pengecekan sebagai berikut.
 pemeriksaan-koil-mobil Koil Mobil
Di dalam sebuah koil pengapian terdapat dua kumparan yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder. Keduanya saling berhubungan untuk menghasilkan tegangan tinggi yang dihasilkan dari proses induksi listrik. Untuk itu periksa tahanan pada kedua kumparan tersebut dengan menggunakan multimeter. Putar selektor pada posisi 1x ohm. Kalibrasi multimeter tersebut dengan cara menghubungkan kabel merah (+) dan kabel hitam (-) dan settinglah jarum pada angka 0 dengan memutar setingan kalibrasi di bagian kanan atas. Periksa tahanan kumparan primer koil dengan cara menghubungkan kabel hitam (-) multimeter ke terminal (-) koil dan kabel merah (+) multimeter ke terminal (+) koil.
pemeriksaan-koil-motorKoil Motor
Sebelum melakukan tahanan kumparan skunder, lakukanlah kalibrasi posisi pada selector adalah 1Kilo ohm. Jika masih mengunakan kalibrasi yang tadi, maka multitester tidak akan dapat membaca dan cenderung rusak. Setelah multi tester di kalibrasi, periksa tahanan kumparan sekunder dengan cara menghubungkan kabel merah (+) multimeter ke terminal (+) dan probe kabel hitam (-) multimeter ke terminal tegangan tinggi. Spesifikasi tahanan primer koil pengapian adalah 1,3 hingga 1,6 ohm dan tahanan sekunder koil pengapian adalah 10,7 hingga 14, 5 K ohm. Bandingkan hasil pengukuran dengan spesifikasi, jika tidak sesuai maka koil pengapian perlu diganti. Untuk lebih jelasnya dalam melakukan pemeriksaan anda dapat lihat gambar cara cek pengapian dibawah ini.
Cara-Cek-tahanan-primer-skunder-Koil-PengapianCara mengecek tahanan Koil Pengapian

Cara Pemeriksaan Kumparan Primer Dan Kumparan Skunder Koil. So, if you want to get this awesome photo about Cara Pemeriksaan Kumparan Primer Dan Kumparan Skunder Koil, just right-click on the picture to save it to your tablet. Finally, if you want to get new and the latest images which have relationship with Cara Pemeriksaan Kumparan Primer Dan Kumparan Skunder Koil, please follow us on facebook or bookmark this site. We try our best to give you daily update with fresh and new pictures.

3 comments: