Metode Pengukuran Cylinder Gauge

Cylinder gauge adalah alat ukur yang juga menggunakan dial gauge. Cylinder gauge sering digunakan untuk mengukur diameter silinder dan komponen lainnya secara teliti. Dalam penggunaannya cylinder gauge tidak dapat digunakan sendiri, tapi juga membutuhkan alat ukur lainnya, yaitu jangka sorong/vernier caliper dan micrometer. Ketelitian alat ini adalah 0,01 mm.
Measuring point bagian pada Cylinder gauge ini dapat bergerak bebas dan jumlah gerakannya ditunjukkan oleh dial gauge. Jarak antara measuring point dan replacement rod adalah sama dengan diameter benda yang diukur.
Metode Pengukuran Cylinder Gauge
  1. Ukurlah garis tengan atau diameter silinder dengan vernier caliper/jangka sorong. Catat hasilnya missal 53 mm (Skala kasar).
  1. Set Silinder gauge dengan posisi jarum pada nol. Pilihlah replecment rod dan washer yang sesuai dengan hasil pengukuran skala kasar, dan pasangkan pada silinder gauge. Bila hasil pengukuran diameter adalah 53.00 mm, maka gunakanlah replecment rod 50 mm dan replecment washer 3 mm.



  1. Micrometer diset pada 53,00 mm, seperti hasil ukur di atas, tempatkan replecment rod dan measuring point ke dalam micrometer dan dial gauge di set pada angka nol. Sperti pada gambar di bawah ini.

Kalibrasi cylinder gauge
  1. Masukan cylinder gauge pada posisi diagonal ke dalam silinder, gerakan cylinder gauge   sampai diperoleh hasil angka pembacaan yang terkecil. Bila hasil pembacaan adalah 0,04 mm berarti diameter silinder 0,04 mm lebih kecil dan 53,00 mm (set hasil micrometer). Karena itu diameter cylinder adalah 52,96 mm ( 53,00 – 0,04 mm).
 
Replecment rod Measuring point.
  1. Lakukan pengukuran diameter cylinder pada tiga tempat , yaitu : bagian atas, tengah, bawah. Pada saat mengukur setiap bagian. Lakukan gerakan ke kiri dan ke kanan dari cylinder gauge sambil melihat maksimal pergerakan jarum panjang.

Peringatan penting.
  • Dial gauge harus dipasang pada tangkainya dalam posisi sejajar atau tegak lurus measuring point. Spindle dimasukan ke dalam batangnya kira-kira setengah dari langkahnya.
  • Periksalah bahwa pointer dari dial gauge bergerak bila anda menekan measuring point.
  • Pilihlah replecment rod dan washer yang ukurannya sesuai dengan diameter benda yang akan diukur.

No comments:

Post a Comment