Cara Pengantian Aki

Cara Pengantian Aki
 penyebab konsleting , melepas negatif accu , Melepas dan memasang Aki (Accu)


Cara Pengantian Aki. This best image collections about Cara Pengantian Aki is available to save to your desktop. We curated this wonderful photo from internet and chose the best one for you. Cara Pengantian Aki photos and pictures collection that posted here was carefully curated and are the best among others.
So, afterall we have made it and here are these amazing picture for your inspiration and informational purpose regarding the Cara Pengantian Aki as part of Oto Engine special collection. Take your time and find the best Cara Pengantian Aki photos posted here that suitable with your passion.
Aki merupakan komponen yang vital bagi kendaraan, selain untuk engine start, aki juga berperan dalam menunjang sistem kelistrikan pada kendaraan. Melepas aki pada kendaraan yang sedang mogok atau aki yang sudah tekor adalah hal yang sangat sepele.   Melepas dan memasang Aki (Accu)Terminal Negatif Batere
Siapapun orangnya pasti dapat melakukannya tanpa perlu repot-repot datang ke bengkel karena anda dapat melakukanya di rumah. Namun perlu di perhatikan, saat anda melakukan pengantian akiharus di lakukan dengan cara yang baik dan benar agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan lainya.
melepas negatif accuMuatan Arus saat melepas batere
Berikut ini cara melepas dan memasang aki atau battere Kendaran  yang benar.
  1. Pastikan terlebih dahulu posisi kunci kontak pada posisi “OFF” karena jika tidak, sewaktu melepas bisa menimbulkan percikan bunga api.
  2. Lepaskan terlebih dahulu penahan aki dengan melepas bautnya.
  3. Agar lebih safety maka dalam pelepasan kabelnya pun diusahakan kabel (-) terlebih dahulu. Setelah kabel (-) benar benar terlepas barulah melepas kabel (+). Hal ini bertujuan agar tidak terjadi percikan listrik. Begitu juga dalam pemasanganya usahakan kabel (+) terlebih dahulu baru kabel (-). Selain itu juga untuk mencegah terjadinya konsleting. Sebuah kunci biasanya bersifat konduktor, jadi jika kita melepas kabel positif terlebih dahulu ada kemungkinan kunci tersebut akan menyentuh body (-). Karena kunci tersebut bersifat penghantar listrik maka akan terjadi hubungan singkat atau konsleting.penyebab konsleting
  4. Saat penggantian aki yang baru, perhatikan ukuran dan kapasitasnya. Pastikan sama dengan yang lawas. Jika tidak maka akan menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan terutama yang sudah menggunakan sistem kontrol elektronik.
  5. Pada beberapa tipe mobil yang sudah menggunakan sistem kontrol elektronik, ketika melepas bateray harus mereset ECU. Jika tidak beberapa komponen akan ngaco dan ditunjukan dengan indikator lampyang menyala.
Dari urutan pelepasan dan pemasangan aki di atas semoga dapat membantu anda, agar lebih aman dan tidak menimbulkan konsleting saat proses pengantian aki. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment