Berikut ini merupakan keausan yang tidak wajar yang terjadi pada ban.
1. Ban Aus Pada Shoulder Atau Di Tengah
2. Keausan Ban Sebelah Dalam Atau Sebelah Luar
3. Keausan Akibat Toe-In Atau Toe-Out (Aus Berbulu)
5. Keausan Spot [Spot Wear (Cupping)]
1. Ban Aus Pada Shoulder Atau Di Tengah
Penyebab utama keausan ban yang terpusat
pada shoulder atau di tengah adalah kesalahan tekanan ban. Kalau
tekanan ban terlalu rendah, maka bagian tengah akan cekung, dan beban
akan tertumpu pada shoulder sehingga akan aus lebih cepat daripada
bagian tengah. Beban yang berlebihan juga akan berakibat sama.
Kalau tekanan ban terlalu tinggi, bagian
tengah ban menjadi cembung, dan sebagian besar beban akan tertumpu di
tengah sehingga keausannya lebih cepat daripada bagian shoulder.
2. Keausan Ban Sebelah Dalam Atau Sebelah Luar
a. Keausan karena menikung, seperti
terlihat di bawah adalah yang disebabkan karena berbelok dengan
kecepatan yang berlebihan. Ban tergelincir dan mengakibatkan jenis
keausan diagonal. Ini adalah masalah yang paling sering terjadi.
Satu-satunya cara pencegahannya adalah pengemudi harus memper-lambat
kendaraan pada saat membelok.
b. Deformasi atau kelonggaran yang
berlebihan pada bagian suspensi akan mempengaruhi front wheel alignment,
dan mengakibatkan keausan ban tidak normal.
Aus Sebelah Dalam dan Luar
c. Kalau sebelah tread keausannya lebih
cepat dari yang lain, penyebab utamanya adalah mungkin camber tidak
tepat. Karena besarnya bidang singgung ban dengan jalan tergantung pada
besarnya beban, ban dengan camber positip, diameter sebelah luarnya
lebih kecil daripada sebelah dalam. Akibatnya, tread bagian luar akan
slip pada jalan untuk mengejar jarak tempuh yang sama untuk tread bagian
dalam. Kejadian slip ini mengakibatkan keausan yang berlebihan di
sebelah luar tread. Untuk ban dengan camber negatip, keausan tread di
sebelah dalam akan lebih cepat.
3. Keausan Akibat Toe-In Atau Toe-Out (Aus Berbulu)
Penyebab utama aus berbulu pada tread
ban adalah penyetelan toe-in yang tidak tepat. Toe-in yang terlalu besar
akan memaksa roda slip keluar dan menggesek bidang singgung tread
bagian dalam pada permukaan jalan, ini menyebabkan terjadinya keausan
toe-in. permukaan tread akan membentuk susunan seperti bulu seperti
terlihat pada gambar di bawah ini. Ini dapat diketahui dengan jalan
mengusapkan tangan pada tread dari bagian dalam ke bagian luar ban.
Keausan Ban Akibat Toe – in
Dalam hal lain, toe-out yang berlebihan
akan menarik ban ke dalam dan menggesek bidang singgung tread bagian
luar pada permukaan jalan. Keausan toe-out yang terjadi bentuknya
seperti gambar di bawah.
Keausan Ban Akibat Toe – out
PENTING !
Kalau kedua ban menunjukkan keausan
seperti ini, berarti penyetelan front end tidak tepat. Kalau hanya
sebelah ban yang mengalami keausan seperti itu, kemungkinan penyebabnya
adalah steering knuckle arm bengkok. Ini mengakibatkan toe-in atau
toe-out sebelah ban lebih besar dari lainnya.
4. Keausan Toe-and-Heel
Keausan toe-and-heel adalah aus sebagian
yang sering terjadi pada ban dengan pola tread block dan lug. Ban
dengan tread berpola rib keausannya membentuk pola seperti gelombang.
Karena ban yang bukan penggerak roda
tidak memperoleh gaya penggerak, tetapi hanya gaya pengereman,
keausannya cenderung membentuk pola toe-and-heel. Keausan seperti ini
juga akan terjadi jika rem secara berulang-ulang diinjak dan dilepaskan,
yang mengakibatkan ban tergelincir pada jarak yang pendek berkali-kali.
Keausan Toe – and – Heel
5. Keausan Spot [Spot Wear (Cupping)]
Keausan spot membentuk lekukan seperti
mangkok pada beberapa bagian tread roda dan terjadi jika kendaraan
berjalan pada kecepatan tinggi. Keausan semacam ini terjadi karena tread
roda mengalami slip pada interval yang teratur, seperti diterangkan di
bawah. Kalau bearing roda, ball joint, tie rod end, dan lain-lain
mengalami keausan yang berlebihan, atau kalau spindle bengkok, ban akan
bergoyang pada titik tertentu di saat berputar dengan kecepatan tinggi,
sehingga mengakibatkan gesekan yang kuat dan menyebabkan terjadinya
keausan spot. Teromol rem yang telah berubah bentuk atau aus tidak
merata menyebabkan terjadinya pengereman pada interval yang teratur, dan
ini mengakibatkan terjadinya keausan spot dengan ukuran yang cukup
besar melingkar pada ban.
Keausan Spot
PENTING !
- Kanvas yang dipasang pada tread ban untuk menambal kebocoran atau tonjolan akan menyebabkan terjadinya keausan spot.
- Start, pengereman dan belokan tajam yang mendadak juga menyebabkan keausan spot.
- Roda yang tidak balance berlebihan juga menyebabkan terjadinya keausan spot.
No comments:
Post a Comment