Mencegah dan menangani gangguaan pada Baterai basah



Baterai / accumulator / aki pada kendaraan berfungsi sebagai sumber tenaga listrik, yang biasanya digunakan untuk menghidupkan mesin, menghidupkan asesoris, menghidupkan lampu panel, menghidupkan lampu depan dan belakang, menghidupkan lampu tanda belok dan hazard. Aki basah memerlukan perlakuan khusus dibandingkan dengan aki kering, aki basah akan lebih awet jika dilakukan pemeriksaan secara berkala, baik ketinggian air aki dan kerusakan aki yang disebabkan oleh kerak. Berikut ini adalah gangguan, cara mengatasi dan perawatan baterai / aki basah :
  1. Terminal Baterai


Gangguan yang terjadi pada terminal (+) / (-) baterai biasanya disebabkan oleh air aki yang meluap dan menimbulkan terjadinya kerak putih atau sambungan pada terminal baterai yang kendor. Jika terdapat kerak putih pada terminal (+) / (-) baterai dapat dibersihkan dengan menyiram air panas atau membersihkan terminal tersebut dengan sikat. Namun bila kabel pada terminal kendor, cukup dengan mengencangkannya saja menggunakan obeng atau kunci pas. Untuk mencegah agar kerak putih pada terminal (+) / (-) baterai tidak muncul lagi, dapat diberikan oli/pelumas pada terminal baterai, karena oli/pelumas dapat mencegah proses korosi dari asam air aki.
  1. Sel

Gangguan yang terjadi pada sel biasanya terdapat kerak pada plat sel, yang menyebabkan tegangan yang dihasilkan oleh baterai tidak mencapai 12 volt, hal ini disebabkan karena tidak semua lapisan sel berfungsi dengan maksimal dan berpengaruh kepda tegangan baterai yang dihasilkan. Untuk mengatasi hal tersebut, kerak yang terdapat pada sel harus dirontokkan dengan menggunakan air panas. Caranya dengan membuka tutup ventilasi dan mengeluarkan air aki yang tersisa, setelah air aki habis masukkan air panas pada setiap sel, pasang tutup ventilasi dan kocok-kocok aki sampai kerak didalam aki rontok. Ulangi cara tersebut sampai aki benar-benar bersih, isi kembali air aki pada setiap sel sejajar dengan garis upper. Cara ini belum tentu dapat mengembalikan tegangan aki seperti semula, hal ini disebabkan karena telah terjadi kerusakan pada sel aki. Namun bila kerusakannya masih kecil maka aki masih dapat digunakan seperti semula. Untuk perawatan bisa mengecek kondisi sel setiap 1 bulan sekali agar ketika mulai timbul kerak dapat langsung di antisipasi lebih awal.
  1. Rumah Baterai / Body Baterai

Rumah baterai pecah atau retak adalah keadaan yang jarang terjadi pada keadaan normal. Rumah aki dapat pecah atau retak jika jatuh atau tabrakan, jadi kecil sekali kerusakan pada rumah aki ini bisa terjadi.
  1. Lubang Ventilasi

Pada tutup baterai terdapat lubang kecil yaitu lubang ventilasi, berfungsi untuk sirkulasi udara di dalam rumah aki pada saat proses pengisian aki. Selama proses pengisian air aki mendidih dan menjadi uap, jika uap tidak keluar dari rumah aki maka tekanan di dalam rumah aki akan meningkat dan bisa membuat aki meledak.
  1. Ketinggian Air Aki

Ketinggian air aki dapat di lihat pada ruamah aki, dirumah aki terdapat garis dan tulisan upper (air aki penuh) dan lower (air aki habis). Ketinggian air aki yang baik adalah posisi air aki sejajar dengan garis upper sehingga semua bagian sel dapat berfungsi secara maksimal dan tegangan yang di hasilkan dapat mencapai minimal 12,6 volt.
  1. Berat Jenis Air Aki
Pada proses ini tidak semua orang dapat melakukan pemeriksaan disebabkan karena membutuhkan alat khusus (hydrometer). Alat ini biasanya digunakan di dunia pendidikan, lomba otomotif dan uji kopetensi. Berat jenis yang diperbolehkan minimal 1.27, semakin rendah nilai berat jenis air aki maka semakin kecil tegangan yang dihasilkan dan sebaliknya.
  1. Tegangan baterai
Tegangan baterai dapat diperiksa mengunakan multitester dengan memutar selector pada skala 50 DC volt atau dengan menggunakan volt meter. Tujuan menggunakan skala 50 DC volt agar multitester dapat membaca tegangan dari baterai (12,6 volt), jika menggunakan skala 10 DC volt tegangan pada baterai tidak akan terbaca dan terdapat kemungkinan multitester akan rusak.

No comments:

Post a Comment