ukuran-brush-sikat-baru-bekas-habis , ukuran-brush-sikat-baru-bekas-habis , posisi-letak-relay-starter-Bendik , kerusakan-brush-starter-sikat-starter , cek-tombol-starter-relay-starter-hubung-massa-hubung-putus
Pemeriksaan Dan Perbaikan Motor Starter. This awesome photo collections about Pemeriksaan Dan Perbaikan Motor Starter is available to save to your desktop. We curated this best picture from internet and picked-up the best one for you. Pemeriksaan Dan Perbaikan Motor Starter photos and pictures collection that posted here was carefully chosen and are the best among others.Then, finally we have made it and here are these amazing photo for your inspiration and informational purpose regarding the Pemeriksaan Dan Perbaikan Motor Starter as part of Oto Engine limited collection. Just surf and look-out and get the best Pemeriksaan Dan Perbaikan Motor Starter images posted here which suitable with your needs.
Motor starter adalah komponen
utama saat melakukan engine start (proses penyalaan mesin). Untuk
menunjang fungsi motor starter yang dapat rusak atau tidak berfungsi
karena aki tekor, pada sepeda motor di lengkapi dengan kick starter.
Kick starter dapat di gunakan pada saat yang genting, anda cukup
menyalakan sepeda motor dengan cara “di slah” atau menggunakan kick
starter. Namun beberapa sepeda motor saat ini ada yang tidak dilengkapi
dengan kick starter atau sengaja di lepas oleh para anak muda.
Di sinilah hal yang sangat merepotkan,
jika tiba-tiba motor starter motor mati atau tidak berfungsi. Secara
otomatis cara menghidupkannya harus didorong atau di jalankan di tempat
miring. So pastinya sangat melelahkan dan merepotkan.
Sebelum melakukan perbaikan motor
starter, anda harus mengetahui gejala awal dari kerusakan pada motor
starter tersebut. Lihatlah gejala awal matinya motor starter seperti
suaranya yang kasar, atau bahkan tidak ada suara sama sekali ketika
tombol starter di tekan. Apabila saat tombol starter ditekan namun motor
starter tidak berputar alias hanya diam maka besar kemungkinan
disebabkan oleh aki motor yang lemah. Kerusakan starter motor bisa
terjadi pada empat komponen yakni aki atau baterai, rangkaian starter,
relay starter, dan motor starter itu sendiri.
Berikut ini Cara Pemeriksaan dan Cara Memperbaiki Starter Motor :1. Aki atau Baterai
Baterai merupakan komponen yang sangat
penting pada sebuah sepeda motor, karena komponen ini sebagai sumber
arus kelistrikan motor salah satunya untuk sistem starter. Jika saat
tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam
alias tidak mau berputar maka pertama kali yang harus dicek adalah
sumbernya yakni baterai. Gunakan multimeter atau avo meter dan periksa
tegangan baterai. Tegangan baterai yang baik adalah tidak kurang dari 12
volt. Jika kurang maka ada dua kemungkinan yakni sistem pengisian yang
bermasalah atau memang baterai sudah rusak.
2. Rangkaian Starter
Jika ternyata tegangan baterai masih
bagus maka langkah selanjutnya adalah periksa rangkaianya. Periksa
rangkaian starter mulai dari kabel yang putus, socket-socket atau pada
tombol starter yang kotor. Caranya dengan menggunakan multimeter,
periksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika ada kabel yang
putus sebaiknya diganti yang baru atau jika terpaksa anda bisa
menyambungnya kembali, jika tombol starter kotor bersihkan dengan amplas
halus.
3. Relay Starter atau Bendik
Komponen yang satu ini berfungsi sebagai
saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik
yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter. Cara mengeceknya,
sambung dua kabel (biasanya ada socketnya) ke baterai (+ dan -), jika
terdengar suara “cetak” berarti masih bagus. Jika tidak kemungkinan
besar bendik sudah mati dan cara memperbaikinya adalah dengan dilem biru
alias lempar ganti yang baru.
4. Motor Starter (dinamo)
Kerusakan pada motor starter memang
jarang terjadi. Periksa dengan menggunakan multimeter dengan cara kabel
merah (+) dihubungkan dengan kabel yang menuju motor starter dan kabel
hitam (-) dihubungkan dengan massa. Tekan tombol starter dan periksa
apakah ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada, maka bisa
dipastikan motor starter mati. Kerusakan pada motor starter ini ada dua
kemungkinan yakni sikat (brush) sudah aus atau kumparan putus. Jika
hanya brushnya saja yang sudah aus, anda bisa menggantinya dengan yang
baru, namun jika ternyata kumparan (spull) putus sebaiknya dibawa ke
tukang servis dinamo.
Perbedaan Brush baru dan bekas
Demikianlah item yang harus di lakukan
saat motor starter tidak berfungsi. Anda dapat melakukan perbaikan motor
starter di rumah, jika anda punya peralatan dan hobi otomotif. So agar
starter motor awet sebaiknya lakukan perawatan starter motor secara
rutin. Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment