Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Sistem Suspensi Kendaraan :
Tipe-tipe Pegas
1. Pegas Koil
2. Batang Torsi
3. Pegas Karet
- Agar ban selalu menyentuh permukaan jalan. (Untuk menjamin adanya kontrol arah kendaraan, untuk memungkinkan dilakukannya pengereman).
- Agar kendaraan tetap berjalan mulus bagaimanapun kondisi permukaan jalan sehingga nyaman bagi penumpang atau beban.
- Untuk memindahkan daya pengemudian dan pengereman dari roda ke chasis atau bodi.
Ada berbagai macam sistem suspensi yang digunakan, tetapi masing-masing termasuk salah satu dari tipe dasar berikut ini:
- Suspensi independen
- Suspensi poros kaku atau solid
Suspensi Independen
Sebatang poros depan yang dipasang pada
bodi dengan menggunakan pegas daun digantikan dengan suspensi independen
untuk tiap roda depan pada mobil. Hal tersebut menghasilkan pengemudian
yang lebih baik serta meningkatkan kualitas pengendaraan.
Pada sistem suspensi independen, tiap
roda dihubungkan pada bodi oleh penghubung dan pegasnya sendiri,
sehingga gerakan tiap roda tidak berpengaruh terhadap gerakan roda lain.
Suspensi independen membantu menjaga level pengendaraan mobil pada jalanan yang bergelombang.
Walaupun terdapat bermacam-macam sistem
suspensi, secara garis besar dapat dibagi menjadi suspensi depan dan
belakang dan suspensi independen dan non independen. (Bagian paling umum
dari semua sistem suspensi kendaraan tanpa memandang jenisnya adalah
ban pneumatis).
Pegas merupakan alat yang fleksibel yang
menopang bodi kendaraan dan beban yang memungkinkan roda dan sistem
suspensi mengikuti kontur/perbedaan ketinggian jalan tanpa terjadi
gerakan pada bodi kendaraan.
Pegas koil adalah sebatang pegas dari
baja dililit membentuk koil. Jika pegas baja yang digunakan mempunyai
diameter sama pada sepanjang bagian penampangnya dan jarak antar lilitan
sama besar, maka pegas akan mempunyai tingkat defleksi yang konstan.
Jika diameternya mengecil pada bagian tepi atau jika terdapat beberapa
koil yang dililit lebih rapat maka koil akan mempunyai tingkat redaman
variabel. Pada saat bekerja pegas koil akan terpuntir sepanjang
bentangan saat beban diperbesar.
Batang torsi dapat berupa batang tunggal
pegas baja atau sejumlah lembaran pegas baja yang disatukan. Pada saat
bekerja batang torsi terpuntir sepanjang bentangan saat dibebani. Pegas
ini biasanya merupakan pegas dengan defleksi konstan tetapi jika
diameternya meruncing maka defleksinya variabel.
Karet merupakan bagian kebanyakan dari
sistem suspensi pada bentuk bos karet yang digunakan pada penyangga
(shackle), pivot dan sambungan (mounting). Pada tempat-tempat tersebut
karet mengurangi transmisi getaran dan menimbulkan kelenturan dari
gerakan tanpa diperlukan adanya ruang celah atau pelumasan.
No comments:
Post a Comment