Pengaturan Tekanan Bahan Bakar Pada Injektor


Regulator tekanan terletak pada rail bahan bakar dan menghasilkan fungsi sangat penting yaitu menjaga tekanan pemberian bahan bakar yang tetap ke injektor pada semua kondisi kerja engine. Jumlah penyemprotan bahan bakar diatur oleh waktu lamanya injektor bekerja (diberi arus) dan juga untuk menjaga pemberian tekanan bahan bakar ke injektor tetap. Bagaimanapun jika tekanan bahan bakar di jaga tetap pada tekanan atmosfer, beberapa perubahan kevakuman disaluran masuk (yang mana bahan bakar disemprotkan) akan menyebabkan jumlah penginjeksian berubah sedikit bersamaan dengan waktu injektor bekerja.


Agar menyelesaikan masalah ini, regulator tekanan dikontrol dengan kevakuman saluran masuk, tekanan dipertahankan 250 kpa lebih tinggi dari tekanan negativ, sebagai hasil ketepatan pengukuran jumlah penyemprotan bahan bakar untuk kondisi kerja engin yang bervariasi.
Konstruksi-injektor-sepeda-motor

 Dengan berdasar ketepatan tekanan bahan bakar pada tekanan saluran masuk, tekanan penyemprotan relatif dapat dijaga dan jumlah bahan bakar tersemprot ditetapkan dengan panjang waktu katup injektor terbuka. Bahan bakar tidak digunakan sebagai hasil dari pengaturan tekanan dikembalikan ke tangki bahan bakar dengan jalan saluran pengembali.
Pembilasan terus menerus pada aliran sistem bahan bakar memungkinkan pemberianbahan bakar dingin terus menerus. Hal ini membantu pencegahan terjadinya penguapan bahan bakar pada saluran/pipa bahan bakar dan menjamin kebaikan kemampuan start dingin.
pengaruh-tekanan-regulator-pada-besar-kecil-semprotan-injektor Tekanan kerja regulator tekanan
Regulator Tekanan
Terdiri dari rumah baja yang didalamnya terdapat diafragma yang berpegas melawan pembukaan katup tekanan. Tekanan kerja diset dengan pegas yang dipasangkan dengan kekuatan tertentu dan tidak dapat disetel.
Ruang berpegas tertutup rapat dan dihubungkan dengan saluran masuk melalui pipa, Dengan demikian penurunan tekanan saluran masuk dapat digunakan sebagai acuan untuk penyesuaian pembukaan katup jarum injektor sehingga perbandingannya tetap, karena tekanan bahan bakar akan kurang ketika penurunan tekanan saluran masuk terjadi.
http://otoengine.com/wp-content/uploads/2015/03/Membersihkan-Injector.jpg
Hal ini untuk meyakinkan bahwa jumlah bahan bakar tersemprot hanya tergantung pada lama pembukaan katup injektor. Sejak tekanan saluran masuk dapat berbeda dengan tekanan atmosfer dan kira–kira 70 kpa dibawah atmosfer, pengukuran tekanan ruang bahan bakar akan keliru antara 180 – 250 kpa. Pada daerah diatas permukaan laut sekitar 180 kpa ketika idle, dan sekitar 250 kpa pada beban penuh atau dengan engin stasioner.
Regulator-Tekanan-saluran-pada-regulator-tekan-saluran-by-passKonstruksi regulator tekanan
Waktu kerja injector
Seperti yang telah disebutkan dimuka, jumlah bahan bakar dikontrol oleh jumlah waktu lamanya sinyal ke injektor. Internal waktu ini terantung lebar pulsa dari ECU dan diukur dalam mili-detik (perseribu detik). Pada idle lebar pulsa 2 – 3 mili-detik (ms), pada beban menengah sekitar 5 – 12 ms dan pada beban penuh sekitar 15 ms.

No comments:

Post a Comment