Penyebab Motor Berasap Putih Dan Berasap Hitam

Penyebab Motor Berasap Putih Dan Berasap Hitam

Penyebab Motor Berasap Putih Dan Berasap Hitam
penyebab-motor-berasap-putih , campuran-gemuk-asap-motor-tua , penyebab-motor-berasap-hitam
Penyebab Motor Berasap Putih Dan Berasap Hitam. This wonderful photo collections about Penyebab Motor Berasap Putih Dan Berasap Hitam is available to save to your desktop. We curated this awesome picture from internet and chose the best one for you. Penyebab Motor Berasap Putih Dan Berasap Hitam photos and pictures collection that posted here was perfectly chosen and are the best among others.
Then, afterall we have made it and here are these wonderful photo for your inspiration and informational purpose regarding the Penyebab Motor Berasap Putih Dan Berasap Hitam as part of Oto Engine limited gallery. Take your time and find the best Penyebab Motor Berasap Putih Dan Berasap Hitam pictures posted here which suitable with your needs.
Pernahkah knalpot motor anda mengeluarkan asap hitam atau putih. Jangan panik dulu, coba anda cari tahu penyebabnya. Penyebab motor berasap hitam pekat di karenakan pembakaranya yang tidak sempurna. Warna hitam tersebut ditimbulkan karena bahan bakar terlalu banyak. Indikasi lainya adalah asap tersebut memiliki bau menyengat  dan jika kelamaan bisa menimbulkan pusing.
Asap hitam ini banyak mengandung gas hidro carbon, jika di hisap terlalu banyak dapat menimbulkan kematian. Sebaiknya saat memanaskan motor jangan di dalam ruangan, karena saat memanaskan mesin campuran bahan bakar yang di butuhkan adalah campuran gemuk, jadi banyak menghasilkan gas hidro carbon.
penyebab-motor-berasap-hitamGas buang Berwarna hitam
Gas tersebut merupakan gas beracun yang timbul karena banyak bahan bakar yang tidak ikut terbakar. Solusinya yakni dengan melakukan setting ulang CO pada motor injeksi. Ini bertujuan untuk mengatur atau menyetel campuran antara bahan bakar dan udara. Cara menyetel CO harus menggunakan alat khusus, jadi sebaiknya bawalah motor anda ke bengkel resmi. Sedangkan pada karburator yang bisa dilakukan dengan memutar baut air ratio (menyetel pilot dan main jet pada karburator).
Motor ngebul atau berasap putih disebabkan oleh oli pelumas yang ikut terbakar. Indicator kerusakan untuk motor berasap putih ada 4 penyebab utama yaitu ring piston aus, klep bocor, sil klep keras dan piston tergores. Sebenarnya baik motor injeksi maupun yang masih menggunakan karburator, 4 hal tersebut bisa terjadi dan cara mengatasinya pun sama.
penyebab-motor-berasap-putihGas buang berwarna putih
Berikut ini Penyebab Motor Berasap Putih :
1. Ring Piston Aus
Ring piston berfungsi untuk menjaga kerapatan antara piston dan dinding silinder. Karena gesekan yang terjadi secara terus menerus maka lama kelamaan ring pinston menjadi aus. Alhasil oli pelumas yang ada di kalter akan merembes ke ruang bakar dan ikut terbakar. Inilah yang membuat asap yang keluar dari knalpot berwarna putih. Cara mengatasinya tentu harus mengganti ring piston dengan yang baru.
campuran-gemuk-asap-motor-tua
2. Piston baret
Saat anda mengganti oli pastikan oli tersebut terhindar dari kotoran dan benar-benar bersih. Jika tidak bisa saja kotoran yang ikut oli membuat piston baret. Jika hal ini terjadi oli dari bak akan merembes lewat baret tersebut dan bercampur dengan bahan bakar di ruang bakar. Jika piston baret solusinya ganti piston dengan baru. Akan tetapi jika dinding ikut baret, maka harus dilakukan boring atau corter dan mengganti piston dengan ukuran yang lebih besar.
3. Sil Klep Keras
Lama kelamaan sil klep bisa berubah menjadi keras. Jika hal ini terjadi oli pelumas di kepala silinder akan turun ke ruang bakar dan ikut terbakar. Solusinya tentu harus ganti sil klep baru.
4. Klep Bocor
Penyebab klep bocor ini biasanya karena kerak yang sudah menumpuk di bibir klep. atau bisa juga karena klep sudah tidak rata. Solusinya bisa dilakukan dengan melakukan sekor ulang pada klep tersebut. Agar tidak terlalu banyak mengikis, anda bisa menggunakan autosol. Namun jika anda mengganti klep baru bisa menggunakan amrile agar lebih cepat.
Motor berasap putih setelah service, bisa di sebabkan karena oli yang di masukkan ke dalam knalpot, jadi jangan terburu-buru mengatakan motor anda rusak. Sedangkan motor berasap hitam tidak menimbulkan efek yang berbahaya bagi motor anda karena hanya campuran bahan bakar dan udara saja yang bermasalah. Namun jika motor anda mengeluarkan asap putih secara terus menerus, sebaiknya segeralah bawa ke bengkel karena dipastikan ada komponen yang bermasalah. Jika terus dibiarkan maka kerusakan akan merembet ke komponen lainnya.

Penyebab Motor Berasap Putih Dan Berasap Hitam. So, if you want to get this amazing photo about Penyebab Motor Berasap Putih Dan Berasap Hitam, just right-click on the photo to save it to your computer. Once more, if you want to get new and the latest pictures related with Penyebab Motor Berasap Putih Dan Berasap Hitam, please follow us on facebook or bookmark this site. We try our best to give you daily update with fresh and new images.
This post is written by admin on April 19, 2015 Filed under Tips Trik. Labeled with kandungan racun gas buang, penyebab asap hitam motor, penyebab asap putih motor, bahaya asap hitam motor, bahaya asap putih motor

No comments:

Post a Comment